Pengantar Bahasa Pemrograman

Pengertian
Bahasa pemrograman adalah bahasa untuk membuat program aplikasi/software yang bisa digunakan sesuai kegunaan dan tujuan program aplikasi/software tersebut. Misal program MS. Word, program ini digunakan untuk mengolah kata. Program photoshop, digunakan untuk mengolah gambar. MS. Access digunakan untuk mengolah database.
Untuk menjalankan kode bahasa pemrograman harus dicompile. Alat untuk mengkompile bahasa pemrograman adalah compiler. Compiler sangat banyak macamnya. Ada yang berbayar dan ada yang gratis. Setiap bahasa pemrograman hanya bisa dicompile oleh compiler tertentu. Misal bahasa visual basic, hanya bisa dibuat dan dijalankan pada visual studio. 

Kategori Bahasa Pemrograman

1. Berdasarkan Jenis
a. Native code
Artinya bahasa pemrograman akan dikompilasi menjadi bahasa mesin dan instruksi-instruksi yang ada adalah instuksi langsung ke mesin.
b. Script Language
Artinya bahasa pemrograman ini tidak akan dikompil ke dalam bahasa mesin, tetapi bahasa ini akan diartikan oleh sejenis program yang akan menjalankan perintah-perintah tersebut di atas mesin. jadi dapat kita simpulkan bahwa bahasa ini hanya berupa teks kemudian untuk operasinya akan dserahkan pada program lain. Termasuk dalam kategori ini adalah bahasa Javascript, VBScript, ruby, perl python.
2. Berdasarkan Kemudahan
a. Tingkat rendah
Bahasa tingkat ini termasuk bahasa mesin dan bahasa assembly, dimana bahasa ini sangat mudah dipahami mesin namun sangat susah dipahami manusia. Kelebihan bahasa ini adalah waktu eksekusi yang sangat cepat sebagai konsekuensi kemudahan dibaca oleh mesin.
b. Bahasa tingkat menengah
Bahasa tingkat ini termasuk yang cukup mudah dimengerti mesin dan dipahami manusia. Biasanya bahasa ini sudah menggunakan simbol-simbol seperti operator matematika untuk perhitungan. Dalam katgori ini kita dapat mengambil contoh bahasa C dan C++.
c. Bahasa tingkat tinggi
Bahasa tingkat ini termasuk yang sangat mudah dipahami manusia, namun ia juga lebih susah dipahami oleh mesin. Dalam kategori ini kita mengenal pascal dan basic.