Manfaat Newsletter pada Website

Manfaat Newsletter pada Website

Mempunyai daftar nama dalam database website/blog adalah merupakan aset terbesar dalam melakukan bisnis secara online.Memiliki banyak anggota secara online membuka peluang yang lebih besar untuk meraih kesuksesan. Dengan adanya daftar nama yang ada pada database kita bisa mengirimkan berbagai informasi dalam upaya promosi lewat email yang diambil dari data anggota, hal ini lebih dikenal dengan Newsletter.
Sebagian besar pebisnis online tidak memanfaatkan keuntungan dari penggunaan newsletter. Berikut beberapa manfaat dari pengggunaan newsletter:
  • Newsletter sebagai Email Marketing. Dengan newsletter anda bisa mengoptimalkan pengiriman email pada tepat sasaran dan dikirimkan secara otomatis, serentak (masal) lewat aplikasi Newsletter. Ini sangat menghemat waktu anda daripada mengirimkan email secara manual. Informasi yang disampaikan dapat sebagaimedia promosi (email Marketing) dalam mempromosikan suatu produk/jasa layanan yang ada pada website anda. Email yang anda kirimkan seacara masal tersebut akan terhindar dari unsur Spam, hal ini dikarenakan dimana Anggota sebelumnya telah menyetujui untuk menerima informasi yang anda sampaikan lewat email (Subscribe). Dan jika anggota merasa tidak suka, mereka bisa melakukan pemberhentian dengan cara “Unsubscribe”.
  • Untuk menjalin hubungan dengan klien/anggota. Dengan newsletter informasi yang anda kirimkan secara berkala dapat membantu sebagai usaha utnuk menjalin hubungan yang erat antara anda dengan klien. Apalagi anda mampu menyajikan informasi yang up-to-date pada klien/anggota sesuai dengan yang mereka perlukan. misalkan menginformasikan setiap adanya produk-produk baru, promo/diskon produk, hal-hal yang bersifat pengumuman dan sebagainya.
Untuk dapat menggunakan newsletter pada website, diperlukan aplikasi yang bisa dipasang pada website. Aplikasi newsletter ini bisa dalam Plugin, Component sudah jadi yang telah tersedia banyak di beberapa web penyedia aplikasi newsletter. Instalasi newsletter disesuaikan dengan jenis CMS website yang anda gunakan, misalkan CMS WordPress, CMS Joomla, Drupal, Magento, oscommerce dan sebagainya.

Komentar