Blogging itu lebih Enjoy dari pada pacaran !

Halo! Apa kabar? Akhirnya setelah laptop saya dapat bekerja lagi dengan baik, saya dapat menulis kembali disini. KENAPA NGEBLOG LEBIH MENGERIKAN DARI BERKENCAN DENGAN PASANGAN? Kali ini saya akan membahas topik santai namun penting untuk para blogger didalam dunia blogging/ngeblog. Kenapa ngeblog lebih mengerikan dari berkencan dengan pasangan? langsung kita simak saja yuk!

Ngeblog atau blogging? Sama ga sih?

Ngeblog, biasanya blogger di Indonesia lebih familiar dengan kata yang satu ini dari pada blogging. Ketika saya masuk kedalam sebuah forum yang terdapat banyak blogger didalamnya, jarang sekali dari mereka yang menyebut aktivitas menulis blog sebagai blogging, kebanyakan dari mereka menyebut ngeblog. Rasanya susah sekali untuk membiasakan mereka menggunakan kata blogging, alasan yang mereka bilang ke saya “lebih enak dengernya ma”, “bloging kok kaya illegal logging ya kedengarannya?”, “udah kebiasaan bilang ngeblog jadi ya ngeblog aja nyebutnya” dari semua alasan yang saya dengar saya hanya tersenyum-senyum saja. Saya berpikir selama kata tersebut (ngeblog) tidak jauh dari aktivitas blogging, ya sudahlah! KENAPA NGEBLOG LEBIH MENGERIKAN DARI BERKENCAN DENGAN PASANGAN?

Kenapa ngeblog lebih mengerikan dari berkencan?

Anda ingat artikel saya pertama kali mengenai enjoy ngeblog? Saya pernah membahas bahwa ngeblog itu harus dengan sebuah komitmen. Sekarang saya akan beberkan poin-poin penting mengapa ngeblog itu lebih mengerikan dari berkencan.

#1 MEMUTUSKAN UNTUK MEMULAI BLOG ITU TIDAKLAH MUDAH
Poin yang satu ini, bagi saya menrupakan poin yang sangat penting namun sangat diabaikan oleh para blogger yang memutuskan untuk ngeblog. Kebanyakan saya melihat orang ketika memulai sebuah blog mereka tidak berpikir panjang dan main asal pasang ini dan itu sehingga blog yang sebenarnya belum siap publikasi sudah dipublikasi, bahkan lebih parahnya lagi adalah sudah dipublikasi tanpa memiliki konten! Padahal ketika kita ingin memulai sebuah blog banyak sekali persiapan sebelum memulai blog yang harus kita lakukan.

#2 ANDA HARUS KUASAI BIDANG YANG INGIN ANDA BICARAKAN PADA BLOG ANDA
Ya! Jangan asal “ngecap cuap-cuap” di blog anda namun hal yang anda bicarakan tidak berbobot. Ketika saya melakukan blogwalking, banyak sekali saya temukan blog yang kontennya asal, menulis juga hanya 1-2 paragraf dan kurang dari 300 kata. Lebih parah lagi banyak yang copy paste! Maksud saya, ayolah! kita mulai dari sekarang untuk belajar benar-benar menulis konten blog kita sendiri. Menulis itu tidak susah dan hanya bisa anda kuasai kemampuan menulis tersebut dengan banyak latihan menulis. Bagaimana anda bisa menaikan kemampuan menulis anda untu ngeblog jika anda sendiri malas untuk menulis konten artikel blog anda dari pemikiran anda sendiri?

#3 NGEBLOG ITU MEMBUTUHKAN “RING” KOMITMENT
Memang hanya pasangan saja yang memerlukan cincin? Ngeblog juga memerlukan “cincin”. Bila anda ingin membuat sebuah blog dan anda ingin blog anda tersebut bagus, berbobot, dibaca oleh banyak orang, anda harus memegang tinggi komitmen anda sebagai sorang blogger. Anda harus lewati semua proses dari mulai pertama kali membuat blog dengan pengunjung yang masih sangat sedikit hingga blog tersebut memiliki pengunjung yang membludak setiap bulannya. Seperti membesarkan anak saja, namun porses yang dilewati tersbut juga akan lebih baik ketika kita menjalankannya dengan proses natural tanpa cheat atau trik. OK?

#4 NGEBLOG JUGA MEMBUTUHKAN JADWAL “DATING“
Ketika anda menjadwalkan 1 minggu sekali untuk berkencan dengan pasangan (baik suami atau pacar), blog juga membutuhkan jadwal untuk “kencan” dengan anda yang membuat blog tersebut. Bahkan jadwalnya adalah SETIAP HARI! Anda sebagai blogger wajib meng-update blog anda setiap hari agar pembaca tetap setia dengan blog anda, anda hanya dimaklumi untuk tidak menulis blog ketika anda sedang sakit, atau ada masalah penting pada komputer, laptop, atau perangkat yang anda gunakan untuk ngeblog. Anda wajib menentukan jadwal pemeliharaan (maintenance) pada blog anda untuk menjaga agar blog anda tetap bersih dan menggunakan teknologi terbaru. Anda lihat kan? Lebih banyak yang harus anda lakukan dengan jadwal ngeblog daripada jadwal kencan anda dengan pasangan. KENAPA NGEBLOG LEBIH MENGERIKAN DARI BERKENCAN DENGAN PASANGAN?

#5 NGEBLOG MEMBANGUN ANDA UNTUK MENJADI SEORANG AHLI DAN ANDA TIDAK AKAN BERMAIN-MAIN DENGAN CITRA DIRI ANDA DISINI
Ketika pertama kali anda berkenalan dengan pasangan, dengan mudah anda menjaga citra diri anda dimata pasangan anda lalu ketika anda menikah lama-lama citra tersebut akan luntuk dan keluarlah citra diri anda yang asli baik yang positif atau negatif. Ketika anda ngeblog, anda tidak bisa membiarkan citra anda luntur, karena itu akan sangat berpengaruh dengan pembaca anda! Bahkan anda diwajibkan untuk menunjukan citra asli anda yang positif sejak awal anda menjadi seorang blogger, dan sangat dilarang mengeluarkan citra negatif yang membuat anda terlihat tidak konsisten pada blog anda. Itulah mengapa ngeblog membutuhkan komitmen yang tinggi seperti pada poin #3. Anda mengerti sekarang?

#6 NGEBLOG AKAN MEMAKSA ANDA UNTUK BERPIKIR KREATIF
Sederhana saja, anda tidak ingin pasangan anda bosan ketika berkencan kan? Ngeblog juga harus kreatif agar pembaca anda tidak bosan untuk terus kembali mengunjungi blog anda dan membaca setiap kata pada tulisan anda. Anda mau tidak mau harus berpikir setiap hari ide apa yang anda bisa ubah untuk enjadi sebuah artikel yang baik dan bagus untuk dibaca. Masuk akal kan?

#7 MALAS ITU TERLARANG DALAM DUNIA NGEBLOG
Anda mengerti mengapa saya bilang malas itu terlarang? Sekali anda merasa malas anda akan “meng-excuse” diri anda untuk tidak menulis. Ketika anda “meng-excuse” diri anda tidak menulis, otomatis anda mensugesti diri anda bahwa sekali-sekali untuk tidak meng-update blog  itu tidak apa-apa. Sugesti seperti ini berbahaya dan dapat memuat anda “kecanduan” untuk berpikir “sekali-sekali” tersebut.

#8 “SELINGKUH” DENGAN NICHE BLOG ANDA AKAN MEMBUNUH BLOG ANDA
Saya pernah katakan bahwa niche blog itu penting. Ketika anda sudah memilih satuniche blog, anda wajib untuk konsisten dengan niche blog tersebut dan wajib untuk menjaga arah blog anda agar tetap berada didalam garis niche blog anda. Pilih nicheblog yang paling cocok dengan anda agar lebih mempermudah proses ngeblog anda. Ingat! sekali anda keluar dari niche blog, itu akan membuat blog anda menjadi “karena nila setitik, rusak susu sebelanga” dan anda akan dinilai tidak konisten pleh pembaca.
Bagaimana? anda sudah mengerti sekarang? masih ingin bermain-main dengan blog anda? jangan lupa tinggalkan komentar anda dikolom komentar untuk memberi tahu pikiran jenius anda kepada saya ya! KENAPA NGEBLOG LEBIH MENGERIKAN DARI BERKENCAN DENGAN PASANGAN?




Khoirony

Komentar