Jenis-jenis Athaisme dan Kelemahannya

Kali ini saya akan menjelaskan secara singkat beberapa macam paham atheisme dan kelemahannya.

Diawali dari paham atheisme yang paling tua yaitu paham Atheisme Materialisme. Paham ini mengajarkan bahwa wujud segala sesuatu didasarkan pada materi. Materi adalah sesuatu yang bisa ditangkap oleh indera manusia. Seperti angin itu ada karna bisa dirasa hembusanya, cahaya ada karena bisa dilihat, kursi ada karena bisa disentuh.

Menurut para paham atheisme, hakikat alam ini adalah materi atau benda. Jiwa dan pikirin materi juga, hanya saja sangat halus berbeda dengan materi lain. Dan menurut mereka segala yang tidak materi itu tidak ada. Tuhan bukanlah materi, Tuhan bukan benda, jadi Tuhan tidak ada. Karena wujud Tuhan tidak bisa ditangkap, dilihat, diraba, diraba, disentuh, dan diindera oleh manusia.

Alasan tersebut sangatlah lemah dan mudah untuk dipatahkan. Pada kenyataannya mereka mengakui adanya sesuatu yang bukan materi. Misalnya hukum, hukum itu non materi, dan hukum itu ada. Diakui semua manusia termasuk para pengikut materialisme. Contoh lain adalah ide. Siapa bisa mengindra ide? Ide diakui ada begitu saja dalam pikiran manusia. Tapi ide itu ada. Juga sepirit. Sepirit ada begitu saja, masuk dalam jiwa manusia. Sepirit dan ide tidak dapat dilihat, disentuh, dicium, dirasa dengan panca indera, tapi sepirit itu ada, tak ada yang mengingkarinya.

Kemudian ada apaham Atheisme Pisikologi yang dibawa oleh Freud. Freud menggambarkan, ketika orang sudah dewasa mereka menciptakan Tuhan dalam benaknya. Yaitu Tuhan yang dia sebut dalam doanya untuk memenuhi keinginan-keinginannya. Persis sewaktu ia kecil dulu saat meminta tolong ayahnya untuk melakukan sesuatu yang tidak ia bisa. Freud meyakini bahwa agama tak lain hanyalah cerminan keinginan manusia. Karenanya agama juga khayalan otak manusia belaka.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana jika ada anak kecil yang sudah mengenal Tuhan sejak kecil? Atau anak yatim piatu yang hidup sebatang kara sejak kecil dan tidak punya pengalaman meminta bantuan pada ayahnya untuk melakukan sesuatu yang tidak bisa ia lakukan tapi tetap  mengakui adanya Tuhan ketika ia dewasa? Dan benarkah agama itu merupakan keinginan-keinginan manusia? Jika agama hanyalah wujud keinginan-keinginan manusia, mengapa banyak rasul yang membawa agama itu justru menderita, disingkirkan, diteror, bahkan ada yang dibunuh. Jika agama benar-benar cerminan keinginan manusia, seharusnya semua rasul diterima suka cita oleh seluruh kaumnya. Kenyataanya adalah sebaliknya. Jadi tidak benar agama adalah keinginan-keinginan dan tidak benar anggapan Tuhan hanya rekaan benak manusia. Tuhan memang benar-benar ada dan agama yang benar seperti Islam adalah agama yang diwahyukan Tuhan. Bukan cerminan keinginan-keinginan manusia.

Terakhir adalah Atheisme Marxisme yang dibawa oleh Karl Marx. Karl Marx membangun ideologinya yang mengingkari Tuhan dengan menggabungkan atheisme materialisme dan atheisme psikologi. Ia terang-terangan memusuhi Tuhan dan memusuhi agama. Ia mengatakan agama adalaha candu masyarakat. Ia menyerukan untuk membrantas agama. Karena ia memandang agama adalah khayalan manusia yang gagal membangun surga di dunia, lalu ingin membangun surga di akhirat. Surga di akhirat hanya khayalan belaka. agama merusak pikiran manusia. Marxisme yang dia bawa mengajak manusia mendirikan surga di dunia. Dunia adalah segalanya, manusia harus membangun surganya di dunia. begitulah inti pemikiran Karl Marx.

Pernyataan Karl Marx itu tidak berlaku untuk semu agama, terutama islam. Islam itu tidak hanya membangun kebahagian di akhirat, tetapi juga kehidupan di dunia. Bahkan dunia ini dijadikan ladang kebahagian akhirat. Rasul Islam yaitu Muhammad Saw, menyeru kepada umatnya untuk bekerja keras membangun kejayaan duniawi, sebagaimana menyeru umatnya beribadah sebaik-baiknya untuk membangun surga ukhrawi. Islam dengan terang memerintahkan pemeluknya agar bekerja untuk dunianya seakan-akan mereka akan hidup selamanya dan beribadah untuk akhiratnya seolah-olah mereka akan mati esok.

Itulah beberapa macam-macam atheisme dan kelemahannya. jika saudara-saudara ingin lebih tahu silahkan baca buku-buku yang banyak beredar yang membahas tentang ini.


Terimakasih.


Komentar