Qurban Sampai Pelosok

a. Definisi Program

Melalui program Qurban Sampai Pelosok, LAZIS UNS ingin mengajak masyarakat untuk membagi kenikmatan dengan para dhuafa di pelosok daerah yang masih kekurangan. Qurban yang dititipkan melalui LAZIS UNS, akan didistribusikan melalui Mitra LAZIS UNS maupun jaringan relawan. Setiap tahun terjadi peningkatan partisipasi masyarakat pada program Qurban Sampai Pelosok LAZIS UNS. Program Qurban Sampai Pelosok LAZIS UNS menjembati para  Shohibul Qurban (pequrban) menunaikan kewajiban berqurban sekaligus menyalurkannya untuk kaum dhuafa didaerah pelosok.

b. Tujuan Program

Ada beberapa Tujuan dilaksanakannya Program Qurban Sampai Pelosok ini anatara lain :
1. Membantu para Shohibul Qurban untuk menunaikan ibadah qurbannya.
2. Memudahkan para Shohibul Qurban dalam menunaikan ibadah qurban dengan layanan jemput qurban, transfer qurban, simpanan qurban.
3. Menyalurkan hewan/ daging qurban secara tepat sasaran.
4. Melaksanakan ibadah qurban secara professional, sesuai syariah dan dengan administrasi yang baik (Pendataan Shohibul Qurban, Penyaluran Qurban, Dokumentasi dan Laporan Pelaksanaan Qurban)

c. Nilai Lebih Program 

1. Lokasi distribusi difokuskan pada wilayah korban bencana, daerah kumuh dan daerah kurang pangan.
2. Menjangkau daerah pelosok di SOLO Raya
3. Berpengalaman sejak tahun 2007 dengan Mitra dan relawan
4. Memberdayakan peternak lokal di daerah
5. Hewan qurban disembelih sesuai aturan syariat dan langsung dibagikan ke mustahik pada hari itu juga.
6. LAZIS UNS memberikan laporan distribusi qurban.

d. Kriteria Daerah Penyaluran

Prioritas daerah sasaran kurban harus memiliki kriteria sebagai berikut :
1. Sulit dijangkau (kumuh, terpencil),
2. Mayoritas penduduk termasuk kategori dhuafa (miskin),
3. Mengalami krisis pangan/air, dan krisis aqidah.
4. Jarang mendapat bantuan daging kurban.
Pendistribusian hewan qurban dan daging qurban disalurkan kedaerah pelosok yang kekurangan pangan diantaranya : Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Wonogiri, Klaten, Gunung Kidul, Kabupaten Semarang, Grobogan dan daerah pelosok lainnya.

e. Target Daerah Penyaluran

Prioritas daerah sasaran Program Qurban Sampai Pelosok tahun 2015 adalah 100 titik dengan penyaluran Hewan Qurban 200 ekor Kambing Minimal 3 ekor per daerah.
Dan 20 ekor sapi untuk 20 daerah yang masih minim pelaksanaan penyembelihan hewan qurban karena termasuk dalam kategori daerah miskin.

f. Petugas Distribusi Qurban

Pada program Qurban Sampai Pelosok, LAZIS UNS memaksimalkan seluruh jaringan Mitra LAZIS UNS yang mempunyai daerah binaan dipelosok dan relawan LAZIS UNS yang siap mendistribusikan hewan qurban. LAZIS UNS juga bekerjasama dengan lembaga lain (yayasan, masjid, LSM) dalam mengsukseskan program ini.

g. Pelaporan Qurban

Setiap Shohibul Qurban akan menerima laporan ketika hewan kurban telah dipotong (didistribusikan) kepada masyarakat dhuafa. Terdapat 2 (dua) jenis laporan :
a. Quick-report, adalah laporan singkat berupa SMS dan/atau e-mail kepada pekurban yang menerangkan bahwa hewan kurban telah dipotong (didistribusikan) kepada dhuafa di daerah tertentu. Laporan ini akan dikirimkan dalam waktu maksimal 1 x 24 jam setelah hewan dipotong (didistribusikan).
b. Complete-report, adalah laporan lengkap berupa e-mail atau surat  kepada pekurban yang berisikan berita acara pemotongan dan foto hewan (hidup, dipotong, disribusi).

h. Pendaftaran Qurban Sampai Pelosok

LAZIS UNS telah menyiapkan berbagai fasilitas yang memudahkan para calon Shohibul Qurban  untuk bergabung pada program Qurban Sampai Pelosok ini.
1. Calon pekurban dapat melakukan pendaftaran melalui website.
2. Calon pekurban dapat memanfaatkan layanan jemput qurban.
3. Calon pekurban dapat mendatangi kantor maupun Mitra Qurban.

Komentar